• Mon. Jun 27th, 2022

Tips Berita

Memberi Inspirasi Untuk Negeri

Begini Cara Menggunakan Air Purifier Sebaiknya

ByThohar

Nov 22, 2021

Pastikan Anda hanya membeli air purifier di marketplace terpercaya dan direkomendasikan seperti halnya di Blibli. Tujuannya tentu saja agar Anda bisa mendapatkan barang yang berkualitas dan tahan lama.

Beberapa tahun belakangan ini penggunaan air purifier meningkat. Hal ini dikarenakan kemampuannya yang bisa membantu banyak orang, terutama untuk mendapatkan udara yang baik, sehingga berdampak baik pula bagi kesehatan penghuni di dalamnya.

Menggunakan air purifier sendiri sebetulnya cenderung mudah, namun ada beberapa kesalahan yang kerap dilakukan penggunanya, sehingga manfaat alat ini tidak optimal. Kemudian bagaimanakah seharusnya menggunakan alat ini, simak penjelasannya, yuk!

Cara Menggunakan Air Purifier

1. Tentukan Lokasi

Meletakkan air purifier sebaiknya tidak menghalangi sirkulasi udara yang masuk ke dalam ruangan. Pastikan untuk tidak meletakkannya di dekat tirai, jendela, pintu, atau dinding. Setidaknya jauhkan sekitar 15 meter.

Letakkan alat pembersih udara ini di bangku atau meja dengan permukaan yang rata dan letakkan di tengah ruangan. Hindari meletakkannya di kamar mandi atau ruangan yang cenderung lembab karena akan meredam kemampuan filter air purifier tersebut.

Juga jangan meletakkan air purifier di luar ruangan karena tidak akan bekerja dengan baik dan tentu saja tidak akan berguna. Hindari juga kebiasaan membuka tutup pintu dan jendela, terutama ketika alat tengah diaktifkan. Karena alat ini memang hanya akan bekerja dengan baik, di ruangan yang tertutup.

2. Bekerja 24 jam

Gunakan air purifier selama 24 jam non stop. Tujuannya agar alat bisa terus menerus bekerja menjebak kontaminan di udara.

Untuk itu, pilihlah air purifier yang memiliki fitur mode otomatis yang bisa mengatur kecepatan kipas agar bekerja secara efisien. Namun jika alat yang Anda miliki tidak didukung fitur ini, maka bisa mengaktifkan kecepatan kipas terendah, sehingga tidak saja terhindar dari suara bising, namun juga menghemat energi.

3. Bersihkan Air Purifier

Pastikan untuk membersihkan air purifier secara berkala, setidaknya dua kali dalam satu bulan untuk alat yang memiliki pra filter kain yang bisa dicuci. Sementara alat yang memiliki HEPA maka harus dilakukan penggantian.

Nah, itu dia beberapa hal yang perlu Anda lakukan bila memiliki air purifier di rumah. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published.