• Tue. Aug 16th, 2022

Tips Berita

Memberi Inspirasi Untuk Negeri

Langkah Tepat Sebelum Cicil Mobil Pertama

ByThohar

Jul 27, 2022

Bisa memiliki mobil pertama adalah kesempatan yang ditunggu banyak orang. Karena peristiwa ini cukup bersejarah, maka banyak orang mempertimbangkan matang-matang sebelum memilih untuk kredit mobil baru maupun membeli secara tunai.

Tentunya ada keuntungan dan kekurangan baik membeli dengan sistem kredit maupun tunai. Saat membeli mobil, keadaan finansial harus menjadi perhatian agar pengaturan keuangan tetap bisa dilakukan dan tidak mengganggu kehidupan sehari-hari.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Cicil Mobil

Ada banyak jenis mobil yang ada di pasaran, tentunya hal tersebut memberikan perbedaan dalam besarnya cicilan setiap bulan. Maka dari itu, perhatikan hal di bawah ini agar tidak terkena kredit macet.

1. Kesesuaian Mobil

Setiap orang pasti memiliki kebutuhan yang berbeda, termasuk dalam jenis mobil. Seperti yang Anda ketahui, di pasaran terdapat jenis mobil city car, MPV, SUV dan masih banyak lagi. Tiap jenis mobil memiliki spesifikasi, keunggulan dan harga tersendiri.

Sebagai debitur, Anda sendirilah yang mampu mengukur kebutuhan serta jenis mobil yang sesuai. Bukan hanya kesesuaian antara kebutuhan dengan jenis mobil saja, kemampuan finansial dalam membayar cicilan juga perlu diperhatikan.

2. Melakukan Survei

Keadaan mobil saat ditawarkan dengan saat dilihat langsung bisa saja berbeda, termasuk juga masalah harga. Begitu juga dengan penawaran saat offline maupun online. Agar mendapatkan mobil yang pas, maka Anda bisa melakukan survei terlebih dahulu.

Anda dapat melihat jenis mobil yang diinginkan di dealer dan melihat kondisi aslinya, termasuk fitur yang ditawarkan di dalamnya. Untuk masalah harga hingga transaksi, Anda dapat mengunjungi berbagai platform online.

Salah satu platform online yang terpercaya adalah SEVA. Dengan fitur Instant Approval yang dimilikinya, Anda dapat menyesuaikan jenis mobil yang diinginkan dengan kemampuan finansial. Harga yang ditawarkan juga bersaing.

3. Menentukan Sumber Pembiayaan

Ada dua jenis pembiayaan yang bisa Anda gunakan ketika akan mencicil mobil. Jenis pertama adalah dengan mengadakan akad kredit dengan bank. Keunggulan dari transaksi ini adalah nilai bunga yang umumnya cukup rendah. Hanya saja Anda harus siap dengan semua syarat yang diberlakukan.

Jenis kedua adalah dengan menggunakan jasa multifinance. Perusahaan pembiayaan ini akan memberikan limit pinjaman yang tinggi dan tenor yang panjang. Hanya saja, cicilan Anda akan lebih tinggi karena suku bunga yang dibebankan juga cukup besar.

4. Siapkan Uang Muka

Menurut peraturan, besarnya uang muka minimum untuk pembiayaan kredit kendaraan roda empat adalah sekitar 30% dari harga kendaraan. Tentu saja Anda boleh membayar dengan nilai minimum ini.

Namun, jika Anda ingin cicilan yang tidak terlalu tinggi, maka Anda dapat memberikan uang muka yang lebih besar daripada nilai minimum tersebut. Dengan demikian, cicilan Anda akan lebih ringan dan tenor bisa lebih pendek.

5. Hindari Meminjam Dana

Terkadang banyak orang yang memanfaatkan dana hutang untuk membayar uang muka. Memang tidak ada ketentuan untuk hal tersebut. Namun, jika dana Anda terbatas, maka hal ini justru akan menambah beban bulanan.

Tiap bulan Anda harus membayar dua kali tagihan, yaitu untuk mencicil kredit kendaraan yang diambil serta mencicil hutang yang Anda pinjam. Hal ini akan membebani kondisi keuangan dan malah akan memperbesar kemungkinan kredit macet.

6. Pilih Asuransi yang Tepat

Tidak ada yang bisa menduga sebuah kejadian. Maka tidak ada salahnya untuk menambahkan asuransi saat Anda mencicil kendaraan. Hal ini berguna sebagai proteksi jika terjadi hal yang tidak diinginkan di masa datang seperti kecelakaan, kerusakan hingga kehilangan.

Umumnya cicilan sudah memasukkan beban asuransi ke dalamnya. Namun, jika Anda memiliki pilihan asuransi sendiri, Anda dapat menggunakan perusahaan asuransi yang Anda percaya tersebut.

Membeli mobil baru, terutama mobil pertama tentu membutuhkan banyak pertimbangan matang. Selain memikirkan masalah cicilan bulanan, Anda juga harus mempercayakan proses transaksi pada platform jual beli yang terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.